"WELCOME TO ANKER "

Rabu, 13 Juli 2011

0 Gimana Setting LAN + Setting Internet pakai Hub?

Untuk berbagi Internet dengan komputer lain, maka anda harus menyediakan alat yang bisa membagi Internet tersebut. Alatnya bisa berupa komputer (dengan dua NIC/LAN Card), atau bisa juga dengan Router. Untuk kemudahan, silahkan anda investasi ke Router, seperti Linksys Router.

Intinya, anda harus membuat suatu jaringan LAN lokal dulu. Semua komputer anda dipasangkan ke Hub/Switch. Setelah semua komputer terpasang ke Hub/Switch, kemudian Hub/Switch tersebut dihubungkan ke Router. Akhirnya, kabel Internet anda di sambungkan ke Router.

Jadi, Router anda akan menjadi 'wakil' dari LAN anda untuk mengakses Internet.

Misalkan anda bisa investasi ke produk Router yang sudah termasuk Switch/Hub didalamnya, seperti: Linksys BEFSR81 (dengan harga sekitar Rp 700rb), maka anda tinggal memasang semua komputer anda ke port/colokan LAN, dan kemudian kabel Internet nya anda pasang ke port WAN. Sisanya, Linksys BEFSR tersebut akan menjadi gateway sekaligus server konfigurasi yang secara otomatis akan memberikan IP yang sesuai kepada semua PC anda supaya bisa mengakses Internet.


Kalau anda ingin mencoba tantangan men-setup tanpa Router, maka anda harus mengubah PC utama anda supaya memiliki 2 NIC/LAN Card.

Pada PC utama, karena sudah terhubung dengan benar ke Internet, maka cukup mengaktifkan modul "Internet Connection Sharing" dari Windows anda, melalui klik kanan di koneksi Internet anda. Hasilnya, setelah melalui Wizard nya, NIC card anda yang #2 akan diberikan IP khusus untuk LAN anda.
Sambungkan PC utama dan PC lainnya ke Hub/Switch. Lalu di tiap PC lain, anda bisa menjalankan Internet Connection Wizard untuk dihubungkan ke PC utama. Apabila semua sudah di set dengan benar, maka seharusnya Internet akan di share, diwakili oleh PC utama.

0 komentar:

Posting Komentar